Sabtu, Agustus 22, 2009

Peringatan Brandan Bumi Hangus (BBH)


Pada tanggal 13 Agustus 1947 para pejuang kemerdekaan membumihanguskan kota dan kilang minyak Pangkalan Brandan guna mencegah pendudukan pasukan Belanda di kota yang kaya minyak ini.around

Untuk mengenang aksi heroik itu, setiap tanggal 13 Agustus masyarakat kota Pangkalan Brandan selalu memperingatinya dengan sederet acara-acara berkenaan seperti: napak tilas rute perjuangan, pawai karnaval, lomba puisi, dan upacara peringatan Brandan Bumi Hangus yang berpuncak dengan drama kolosal perjuangan pembumingusan kota dan kilang minyak Pangkalan Brandan.celebrate

Kali ini pawai karnaval dikonsentrasikan dahulu di Lapangan Kampung Baru sebelum dipusatkan di Lapangan Petrolia Pertamina. Ratusan pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat turut serta dalam pawai yang dilengkapi dengan drum band dan berbagai kostum adat, pejuang maupun profesi.
Acara peringatan BBH ini berpuncak di Lapangan Petrolia yang dihadiri Gubsu, Bupati Langkat, Ketua DPRD Langkat dan berbagai unsur-unsur pemerintahan penting lainnya.ketukmeje


Momen peringatan BBH ini seharusnya menunjukkan betapa pentingnya kota Pangkalan Brandan yang merupakan gudangnya pejuang sekaligus kota yang dulunya pusat perminyakan. Belanda ingin menduduki kembali kota ini karena alasan kekayaan alamnya yang dapat menyokong biaya perjuangan mereka. Namun kondisi kota yang sangat miris setelah ditutupnya Pertamina serta pembangunan kota yang cenderung lamban menunjukkan kurangnya penghargaan terhadap nilai historis dan patriotis pada kota tercinta ini. Semua warga kota berharap akan adanya secercah titik terang akan perkembangan kota ini ke arah masa depan yang lebih gemilang.doa

15 komentar:

  1. Brandan dahulu memang pernah hangus...
    Tapi semangat masyarakat Brandan jangan pernah hangus...!!!

    BalasHapus
  2. semua warga kota berharap akan adanya secercah titik terang akan perkembangan kota ini ke arah masa depan yang lebih gemilang, Amiiiin...

    BalasHapus
  3. kota boleh dibumihanguskan, namun grenerasi penerusnya nggak bolehhangus kan?, mas saya pakai lagi fotonya ya? Sekali sekali mampir mas ke sini

    BalasHapus
  4. mau nya....drama kolosal bradan bumi hngus yng di buat oleh bpk zainal aka...dtruh dong fotonya...jd kan masyarakat indonesia thu bhwa sethun s x brandan jg mengadakan drama kolosal ttg brandan bumi hangus ini...dan mmpunyai sejarah yang tinggi

    BalasHapus
  5. Iye, ane dukung tuh coment si Anonim. Lagian yg maen drama kolosal mrd2 ane lo Wak. Mk na take picture ur self dong (aih siap2 neh dpt sharing swallow). BTW, ane py poto2 drama plus video record na. Mau..? (Please deh jgn d respond dgn Mau 1000x, acem kisah 1001 mlm aj..)

    BalasHapus
  6. Sorry friends... tak ada pulak tu gambar anak2 yang lagi drama kolosal itu... kalo mo minta ma bu Ayuk ntar dia minta royalty lagi, sedangkan blog ini non komersil dan gak ada adsense-nya. Lain kali lah awak foto banyak2 biar senang tu buk guru lihat anak didiknya lagi maen drama dan ditonton ma gubernur, bupati dan orang2 penting laennya.

    BalasHapus
  7. @zoels50: silahkan aja mas... terus promosikan Brandan tercinta walaupun udah hancur lebur. Mudah-mudahan ada orang yang syor lihat kota ini dan bangun banyak pabrik dan bidang usaha. Biar maju kota ini. Bravo Brandan...!!!

    BalasHapus
  8. beritanya cukup menarik 'om
    tapi sayang dokumentasinya kurang mendukung
    sepertinya yang ngambil fotonya malu-malu kucing
    apa lagi yang moment pawai, sayangkan yang kelihatan cuma punggung semua

    BalasHapus
  9. ha..ha..ha.., memang diakui kurang toh mas... karena foto pawainya cuma pake ponsel dan dari belakang..
    Thanks untuk masukannya, laen kali kita foto yang paten lah supaya foto yang ditampilkan benar2 bisa mewakili suasana yang digambarkan dalam berita.

    BalasHapus
  10. percuma aja tiap tahun diperingati, toh kota brandan gitu2 aja, gak ada kemajuan....
    cak kelen tengok.... bupatinya orang brandan 2 priode sekarang naek pangkat jagi gubernur, ketua DPRD-nya orang brandan, ketua KADIN-nya orang brandan, tapi apa yang sudah dibuat untuk brandan.....??? (tadaaaak.... kata wak boy)
    banyak sekali sumber daya alam yang bisa dikembangkan untuk kemajuan dan kemakmuran rakyat brandan, tapi apa...?
    ohh..., brandanku sayang brandanku malang...

    BalasHapus
  11. macam kata ipin-upin: betul..betul..betul..
    tapi terlepas dari kurangnya perhatian macam yang dibilang si Toni, kita peringati brandan bumi hangus untuk mengenang jasa pahlawan jaman dulu... bukan untuk ngeliat para pejabat yang kurang perhatian kek gitu...
    Biar aja pejabat-pejabat kita tu bikin kek gitu, nanti kan kualat dia karena durhaka sama pahlawan yang kita banggakan tu...

    BalasHapus
  12. mantap , kami dari perantau sangat mendukung kegiatan ini....

    BalasHapus
  13. wahhh bagus..bagus..
    awak dulu termasuk ikut teater brandan bumi hangus thn 2001 sama pak zainal aka,very AFI,mas avid API ..dll.. tapi saat itu lom ada photo2 (maklum digital masih mahal)... nyesal juga ..hikss hikss....
    mantap pak joel blog nya....^_^....sering2 update..hehehe

    BalasHapus
  14. Bang Joel monggo di update lagi blognya dah lama kalipun tak ditengok2 isinya......hehehe ?!!

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar Anda, tapi jangan buat spam...